PENGARUH ROLE STRESS TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL INTERNAL AUDITOR
Ade Dikdik, Ak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari role stress Internal Auditor terhadap perilaku disfungsional Internal Auditor. Dua indikator digunakan untuk mengukur role stress Internal Auditor : role ambiguity dan role conflict. Sementara variabel perilaku disfungsional Internal Auditor menggunakan indikator : rendahnya semangat kerja, ketidakdisiplinan kerja, ketidakpuasan kerja, rendahnya komitmen organisasi, rendahnya kualitas kerja, kecenderungan meninggalkan organisasi, dan rendahnya motivasi kerja.

                Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada para responden. Selain menggunakan sampel berdasarkan jumlah kuesioner yang kembali berjumlah 10 orang Internal Auditor dan 10 orang auditee pada PT. Sari Ater Hot Spring Resort Hotel dan Rekreasi yang berlokasi di Subang, juga digunakan teknik penelitian kepustakaan dan teknik penelitian lapangan (wawancara). Untuk mengolah dan menganalisis data yang diperoleh serta membuat kesimpulan, penulis menggunakan bantuan statistik regresi linier sederhana, analisis korelasi Pearson serta koefisien determinasi.

                Melalui regresi linier sederhana diperoleh model regresi. = 20.307+1.370. Dan dengan analisis korelasi Pearson terbukti adanya hubungan antara kedua variabel penelitian dengan derajat keeratan sebesar 0.869. Selanjutnya pengujian hipotesis dengan α= 0,05 dan df = 8 membuktikan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari role stress Internal Auditor terhadap perilaku disfungsional Internal Auditor dan juga hubungan yang signifikan antar variabel dengan koefisien determinasi sebesar 75.51%. Sedangkan 24.49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Role Stress, Internal Auditor
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login